The Village - Here We Will Discuss All About TownshipDaftar Isi | Disclaimer | Privacy Policy

31.5.11

Air Terjun Haratai : Loksado Kalimantan Selatan

Jika berkunjung ke Kalimantan Selatan, sempatkan lah untuk mengunjungi Loksado, tempat yang menurut ane paling indah dan nyegerin di sini. Loksado adalah sebuah daerah di kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalsel, yang di mana memiliki pemandangan dan berbagai tempat menarik serta outbond yg "lapah tapi rami"(c\melelahkan tapi mengasyikan)

Cara pencapaian lokasi :
Dari Banjarbaru menuju Ibu kota kabupaten Hulu Sungai Selatan (Kandangan) menggunakan angkutan khusus selama ± 3-4 jam, dengan biaya sekitar Rp. 30.000-50.000 /org, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan menuju Kecamatan Loksado dengan biaya ± Rp.10.000/ org selama 40 menit. Setelah sampai di Loksado, perjalanan selanjutnya menuju Pondok Informasi Mangkuraksa yang terletak di Kampung Malaris, lama tempuh sekitar 15 menit jalan kaki. Objek wisata sekitar kampung dapat ditempuh dengan jalan kaki antara 5 sampai 30 menit. Untuk menuju hutan adat sampai pada basecamp Cintingan Basar akan memakan waktu 5 hingga 7 jam jalan kaki.
di sini masih banyak suku dayak yg kental dgn nuansa etnisnya.
Atraksi budaya dan bangunan :
Aruh/ upacara adat Basambu; Aruh Bawanang (pesta panen); Balai adat; Kerajinan tangan/ anyaman dari bambu, rotan dan sejenis perdu (pengunjung dapat meminta salah satu penganyam untuk membuatkan gelang pada tangannya secara langusng dengan biaya Rp. 5.000); Maliu (kegiatan pencarian ikan secara beramai-ramai dengan cara membendung salah satu aliran sungai, kegiatan ini sering melibatkan 20 hingga 60 orang baik dewasa maupun anak-anak).dan masih banyak lagi gan wisata2 yang bisa di datangin.
jika anda berminat melakukan wisata ke loksado, anda bisa menghubungi:
yayasan cakawala hijau indonesia

0 comments:

Post a Comment